get app
inews
Aa Read Next : Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi Bertemu Presiden Jokowi, Usul Tunjangan Profesi Guru Tak Dihapus

Guru di SMA dan Perguruan Tinggi Ini Hanya Sekolah Sampai Kelas 3 SD

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:51 WIB
header img
Syuman Saeha, pria kelahiran Campalagian Polewali Mandar Sulawesi Barat, 17 Agustus 1975 yang hanya sekolah hingga kelas 3 SD ini aktif menjadi pengajar penulisan kreatif dan teater di beberapa SMA dan Perguruan Tinggi di Sulawesi Barat (Ist).

Syuman mengaku, pada awal 2000-an ia menggemari Cak Nun (Emha Ainun Madjib) dan Husni Djamaluddin. Sebelum itu saya banyak membaca karya Kalil Gibran dan sedikit mencermati karya Muhammad Ikbal. Baginya, dalam menulis puisi, empat tokoh tersebut tidak mempengaruhi proses kreatifnya, kecuali dalam menulis cerita pendek, yakni, Kalil Gibran dan Cak Nun.

Ia saat ini masih terus menggeluti proses kretif yang sama, yakni menekuni kerja teater dan kepenulisan. Ia pun tercatat sebagai guru luar biasa, Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) pada bidang seni teater di SMK Paku pada 2017 dan di SMA Negeri 1 Campalagian pada 2018.

“Saya diundang sebagai guru luar biasa pada pelajaran menulis puisi (ekstrakurikuler) di SMA Negeri 1 Campalagianpada 2019. Dan sebagai dosen luar biasa di IAI DDI Polewali Mandar, untuk mengajar semester ganjil (1, 3 dan 5) pada mata kuliah ekstrakurikuler (teater) tahun 2018-2019,” ungkap Syuman.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut