get app
inews
Aa Read Next : Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Berpindah Kantor ke Ungaran, Kabupaten Semarang

Ide Kesetaraan yang Umumnya Disuarakan Perempuan, Kali Ini Datang dari Prof. Harjito

Rabu, 24 Agustus 2022 | 16:10 WIB
header img
Menurut Rektor UPGRIS Dr. Sri Suciati, M.Hum, keistimewaannya adalah ide kesetaraan yang umumnya disuarakan oleh perempuan, kali ini datang dari seorang laki-laki, yakni dari Prof. Harjito. Foto/Dok/Humas UPGRIS.

SEMARANG - Universitas PGRI Semarang megukuhkan Prof. Dr. Harjito, M.Hum. sebagai guru besar bidang Ilmu Sastra (dan) Bahasa Indonesia Universitas PGRI Semarang. Acara diselenggarakan di Balairung Universitas PGRI Semarang pada Rabu (24/8/2022).

Prof Dr Harjito MHum yang memulai karir sebagai dosen Universitas PGRI Semarang pada tahun 1993, pada saat itu masih IKIP PGRI Semarang, pada program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Berbagai jabatan telah dia emban di UPGRIS antara lain, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pimpinan Redaksi Suara Kampus, dan sekarang menjabat sebagai Ketua Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Semarang. 

Pada acara pengukuhan tersebut Prof. Dr. Harjito, M.Hum menyampaikan Orasi Ilmiah berjudul “Dari Perlawanan Hingga Kolaborasi: Perempuan  dan Keluarga dalam Sastra Indonesia”.  Prof. Harjito melakukan peneltian terhadap cerita rakat Jawa dan melihat posisi, peran perempuan dalam cerita-cerita tersebut. Karya sastra diyakini merepresentasikan realitas masyarakat atau menggambarkan apa yang terjadi dalam masyarakat, tentu dengan tambahan sedikit atau banyak imajinasi. Pada perkembangannya, sastra ternyata juga memberi inspirasi bagi realitas masyarakat.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut