get app
inews
Aa Read Next : MTs NU Banat Kudus Juara 2 di Ajang Nasional Grand Final MYRES 2022

Obrolan Buku Puisi Hikayat Pemanen Kata di Ladang Hijau karya Siswa MTs NU 20 Kangkung Kendal

Senin, 29 Agustus 2022 | 16:48 WIB
header img
Salah seorang siswa tampil sebelum dimulai obrolan buku puisi "Hikayat Pemanen Kata di Ladang Hijau" karya Siswa MTs NU 20 Kangkung Kendal yang dipantik oleh Setia Naka Andrian (Dosen Sastra UPGRIS).

Buku setebal 64 halaman tersebut berisi kumpulan puisi karya siswa MTs NU 20 Kangkung. Buku tersebut telah memiliki kode sistem identifikasi unik International Standard Book Number (ISBN).

Bedah Buku menghadirkan narasumber Dosen Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang, Setia Naka Andrian. Dalam pemaparannya, Naka mengapresiasi keseriusan MTs NU 20 Kangkung dalam mengembangkan budaya literasi siswanya.

“Sangat bagus, program yang tak dimiliki sekolah lain. Kegiatan ini bisa menjadi motivasi siswa untuk menulis, menciptakan sebuah karya dimulai dari hal sederhana di lingkungan mereka untuk dituangkan dalam karya,” terangnya.

Naka meminta siswa MTs NU 20 Kangkung tak takut salah dan dikatakan tak bagus dalam berkarya. Karena hal itu dapat menjadi pelajaran untuk berkarya lebih bagus lagi.

Usai bedah buku, kegiatan dilanjutkan dengan Parade Puisi Kemerdekaan. Sejumlah siswa, alumni, dan guru diberi kesempatan secara bergantian unjuk kebolehan membacakan puisi bertema kemerdekaan dan puisi karya siswa yang terangkum dalam buku yang dibedah.

"Saya merasa sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan serupa yang diselenggarakan oleh MTs NU 20 Kangung ini. Terlebih saya sempat dipercaya untuk mendampingi para penulis buku karya siswa yang diobrolkan dalam diskusi kali ini. Sebab saya kira proses semacam ini patut dilakukan oleh sekolah-sekolah. Paling tidak dengan menerbitkan produk buku serupa ini, dapat memberikan pengalaman yang lebih bagi siswa. Siapa tahu pula kelak akan bermunculan penulis-penulis keren dari sekolah ini. Bahkan telah terbutki, banyak pegiat seni sastra dan teater yang lahir dari sekolah ini. Bahkan salah satunya ada yang kini menjadi jurnalis di Radar Semarang Jawa Pos yang ditugaskan di Kendal, ia bernama Devi," pungkas Naka.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut