Logo Network
Network

Inilah Respons Pihak Kampus Ketika Data Universitas Brawijaya Diretas Hacker

Avirista Midaada
.
Jum'at, 16 September 2022 | 05:07 WIB
Inilah Respons Pihak Kampus Ketika Data Universitas Brawijaya Diretas Hacker
Kabag Humas Universitas Brawijaya Kotok Guritno. Foto/Dok/Okezone/Avirista/Ist.

"Belum tahu kevalidan data mana yang dicuri, masih menunggu analisa tim IT yang dicuri," kata dia.

Kotok juga memastikan bahwa sistem pengamanan siber di UB telah berjalan maksimal dan tidak dibuat asal-asalan. Oleh karena itu pihaknya tengah berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), termasuk tengah membahas secara internal sistem pengamanan data pribadi.

"Cukup baik karena semua sudah dilakukan, namanya sistem secanggih apapun rentan dibobol. Kami sudah membuat langkah-langkah seaman - amannya. Saat ini mengambil langkah-langkah analisis dan evaluasi semua yang perlu dan koordinasi dengan pihak BSSN. Untuk mengambil langkah-langkah pengamanan akun yang dimiliki UB," tuturnya.

Selama ini dikatakan Kotok, seluruh civitas akademi UB dan alumni sudah diminta menjaga privasi data-data yang telah tersimpan di database. Salah satunya dengan mengingatkan agar mengganti password dan menggunakan password sesuai standar.

"Disarankan itu (penggantian password), djaga benar privasi cara untuk pengamanan. Pengamanan akun memang salah satunya adalah mbuat password yang sesuai standar. Standar seperti apa, disarankan harus menggunakan huruf kapital, angka, tanda baca, yang sebenarnya 8 digit," paparnya.

Nantinya jika memang diketahui siapa pelaku peretasannya, maka UB tak segan untuk melaporkan ke pihak terkait karena dianggap melanggar hukum.

"Kalau itu ketahuan ya nanti akan koordinasikan dengan BSSN. Kalau melanggar undang-undang ITE pasti kita akan laporkan ke pihak berwenang," pungkasnya.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini