get app
inews
Aa Read Next : Ema Afriyani, Mahasiswa PBSI UPGRIS Juara 2 Penulisan Puisi Peksimida 2022

Kendal Novel Award 2022 dan Sastra di Tengah "Karnaval" Warga

Senin, 31 Oktober 2022 | 18:46 WIB
header img
Para Pemenang Kendal Novel Award 2022, berfoto bersama dalam penganugerahan ajang tersebut yang digelar oleh Komunitas Lerengmedini (KLM), Sangkar Arah Pustaka, Jarak Dekat Art Production, dan Pelataran Sastra Kaliwungu Kendal (30/10/2022). Foto/Dok/Ist.

Sebagai apresiasi, menurut Heri, pihaknya menilai, penghargaan bagi profesi penulis masih sangat sedikit. Bandingkan, misalnya dengan penghargaan bidang olahraga. Bukan maksud mereka membandingkan karena memang ini, dua hal berbeda. "Namun, setidaknya ranah kepenulisan, spesifik sastra, patut pula mendapat apresiasi. Karena ia juga profesi yang membanggakan," tutur peraih Satu Indonesia Award 2011 ini.

Terakhir, sebagai motivasi. Motif dalam menulis menjadi salah satu hal yang pokok bagi keberlanjutan seorang penulis. Terutama penulis pemula. Hadirkan KNA, harapannya, dapat menjadi satu motivasi bagi para penulis atau calon penulis. Bahwa ada penghargaan  untuk profesi penulis di lingkup kabupaten Kendal. "Sehingga mereka akan tersebut untuk meningkatkan kualitasnya. Mengasah kemampuan untuk melahirkan karya-karya  terbaik," ujarnya.

Mengapa Hadiah Binatang?

“Kami melihat, Kendal merupakan wilayah tropis dan kaya dengan alam pertanian yang luas, tentu saja pakan binatang-binatang itu dengan mudahnya akan dicarikan di sekitarnya,” ungkap Heri.

Baginya, pada Zaman Now ini banyak isu tentang peduli lingkungan, ekologi, dan mewaspadai perubahan iklim yang semakin tidak seimbang. Pihaknya berpikir, memberikan apresiasi atau hadiah tidak harus dengan uang dalam jumlah yang besar seperti sayembara-sayembara menulis yang digelar institusi Pemerintah ataupun swasta.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut