get app
inews
Aa Read Next : Menjaga Kelestarian Bahasa Jawa, Balai Bahasa Jateng Kumpulkan Guru SMP

Badan Bahasa Sediakan Bahan Bacaan Literasi ke Wilayah 3T

Jum'at, 15 Juli 2022 | 07:14 WIB
header img
Badan Bahasa melaksanakan program penyediaan bahan bacaan literasi untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN). Jumlah buku yang dicetak oleh Badan Bahasa tahun ini sebanyak 20 judul untuk buku PAUD (119.260 eks) dan 540 judul buku SD (12.767.902 eks)

KUDUS - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) melaksanakan program penyediaan bahan bacaan literasi untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN). Program tersebut dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sejak tahun 2016 hingga sekarang. Dalam kegiatan itu PT Pura Barutama (Kudus) terpilih menjadi salah satu pemenang lelang pencetakan buku.

Jumlah buku yang dicetak oleh Badan Bahasa tahun 2022 ini yaitu sebanyak 20 judul untuk buku PAUD (119.260 eksemplar) dan 540 judul untuk buku SD (12.767.902 eksemplar). Dalam mencetak buku-buku tersebut, Badan Bahasa menggunakan mekanisme lelang. Selain PT Pura Barutama (Kudus) pemenang lelang yang lain adalah PT Gramedia (Cikarang), PT Macananjaya Cemerlang (Klaten), dan PT Temprina Media Grafika (Gresik). Adapun untuk pengiriman, Badan Bahasa bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Buku yang dicetak oleh PT Gramedia dikirim ke regional 1 yang meliputi wilayah di Sumatera. Buku yang dicetak oleh PT Pura Barutama dikirim ke regional 2 yang meliputi wilayah di Kalimantan dan Sulawesi. Buku yang dicetak oleh PT Macananjaya Cemerlang dikirim ke regional 3 yang meliputi wilayah di NTT dan NTB. Buku yang dicetak oleh PT Temprina Media Grafika dikirim ke regional 4 yang meliputi wilayah di Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Dalam rangka peluncuran dan pengiriman, diselenggarakan acara Pengiriman Perdana Buku Gerakan Literasi Nasional di PT Pura Barutama (Kudus). Acara tersebut juga mengundang perwakilan dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa (12/7/2022).

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut