get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Poltekpar Harus Asah Jiwa Wirausaha

Kemenparekraf Sajikan 11 Kuliner Keraton Mangkunegaran dalam Gala Dinner IWTCF 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:55 WIB
header img
Kemenparekraf/Baparekraf mengadakan Royal Heritage Dinner bagi para delegasi yang hadir pada acara 'International Wellness Tourism Conference and Festival (IWTCF) 2022'. FotoDoc/Kemenparekraf.

Bestik Glinding

Bestik Jawa ini terbuat dari daging sapi yang dicincang menjadi bentuk bulat yang mudah digulung atau 'glinding' dalam bahasa Jawa. Bestik Glinding disajikan dengan kentang goreng, wortel, tomat, telur, dengan kuah kecap manis.

Hidangan daging ini menjadi salah satu contoh bagaimana budaya kuliner Belanda membaur dengan baik ke dalam budaya Jawa. Kata 'bestik' berasal dari kata Belanda 'biefstuk' yang berarti steak daging sapi dalam bahasa Inggris. 

Fried Tempe with Lodeh Espuma

Ini salah satu hidangan tempe paling populer di Jawa yang dipadukan dengan lodeh (sayuran yang direbus dengan santan). Tempe sendiri adalah olahan makanan khas Jawa yang dibuat dari fermentasi kedelai khusus. Dan tempe merupakan satu-satunya makanan vegetarian yang mengandung vitamin B12 tinggi yang banyak terdapat pada daging.

Yellow rice with caramelized shredded coconut

Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia yang telah diadaptasi di berbagai daerah dan telah menjadi santapan sehari-hari yang disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, telur balado, dan lainnya. Menggunakan kunyit sebagai pewarna alami, serta santan dan rempah-rempah menjadi makanan pokok pilihan yang sangat sehat.

Blenyik served with Trancam mix vegetables

Blenyik adalah ikan teri putih yang diasinkan dan dibentuk bulat kemudian dikeringkan. Dimasak dengan cara dikukus menggunakan daun pisang dengan bumbu seperti cabai hijau, bawang merah, dan bawang putih. Sedangkan trancam adalah salad Jawa yang terbuat dari tauge, kacang panjang, daun kemangi, dicampur dengan kelapa parut pedas.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut