get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Poltekpar Harus Asah Jiwa Wirausaha

Kemenparekraf Sajikan 11 Kuliner Keraton Mangkunegaran dalam Gala Dinner IWTCF 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:55 WIB
header img
Kemenparekraf/Baparekraf mengadakan Royal Heritage Dinner bagi para delegasi yang hadir pada acara 'International Wellness Tourism Conference and Festival (IWTCF) 2022'. FotoDoc/Kemenparekraf.

Bledhek Chicken

Sambel gledek adalah salah satu makanan khas Puro Mangkunegaran yang telah dihidangkan selama ribuan tahun. Cara pembuatannya pun cukup memakan waktu yang lama karena ayam harus direbus berjam-jam dengan santan dan rempah-rempah. Ayam bledek adalah makanan favorit HH Mangkunegoro XI.

Gadon Sapi

Daging sapi gadon adalah masakan khas dari Solo yang di dalamnya terdapat daging cincang, telur, dan santan dengan bumbu yang dikukus dalam daun pisang. Memiliki tekstur yang lembut, rasa yang enak, dan aroma yang harum dari daun pisang.

Tape Ketan Hijau

Tape ketan adalah beras ketan tradisional Jawa yang difermentasi. Dan untuk warna hijaunya sendiri menggunakan daun suji. Sebagai makanan fermentasi, tape memiliki jumlah bakteri baik yang tinggi yang baik untuk dikonsumsi dan menjadi sumber probiotik bagi tubuh, yang dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Wedang Rempah Mangkunegaran

Minuman herbal lainnya dari Puro Mangkunegaran adalah wedang rempah. Sebagai bagian dari budaya sehat, masyarakat Jawa biasa meminum minuman herbal untuk menjaga kesehatan tubuh. Wedang rempah terbuat dari kayu manis, jahe, cengkeh, dan pala. Minuman herbal ini sangat baik diminum saat hangat untuk menghangatkan tubuh.

Editor : Setia Naka Andrian

Follow Berita iNews Demak di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut